Donasi… donasi…

Background Story

Seperti yang diketahui (atau tidak diketahui), harddisk yang digunakan untuk menampung anime sekarang totalnya ada 5:

  • 2x 1TB
  • 2x 640GB
  • 1x 500GB

Dan hal yang paling mengerikan yang bisa terjadi adalah kerusakan harddisk. Ya, dulu pernah terjadi beberapa kali dan sudah memakan korban beberapa ratus giga anime >_> (dan ada beberapa yang sampai sekarang belum diupload ulang karena memang tidak ada backupnya).

Itu dulu kapasitas harddisk masih terbatas ~300GB dan kehilangan 300GB masih belum semengerikan jika kehilangan data… 1TB. Atau lebih. Dan FYI, harddisk yang paling murah per-GB untuk sekarang ini adalah harddisk 1.5TB.

Dengan resiko kehilangan data yang semakin banyak jika terus menggunakan sistem seperti ini, diputuskanlah (oleh 2 orang) bahwa sistem penyimpanan biggest harus diganti. Jika sebelumnya setiap harddisk memiliki struktur sendiri (/complete##, dimana ## adalah nomor harddisk), rencananya untuk sistem yang baru akan diubah sehingga semua harddisk dikombinasikan… dengan mampu bertahan (tidak ada data yang hilang) jika salah satu (atau dua) harddisk rusak.

Here Comes RAID-Z

RAID-Z, versi ZFS untuk RAID-5, sistem penyimpanan data yang mengkombinasikan beberapa harddisk sehingga mampu mempertahankan data meski salah satu harddisk rusak.

Untuk perbandingan, misal ada 3 harddisk dan masing-masing memiliki kapasitas 1TB. Dengan sistem yang digunakan sekarang, total kapasitas yang bisa digunakan adalah 3TB. Hanya saja saat salah satu harddisk rusak, semua data pada harddisk tersebut hilang – alias kehilangan data 1TB. Menggunakan RAID-Z, total kapasitas yang bisa digunakan hanya 2TB. Meskipun begitu, saat ada 1 harddisk yang rusak, tidak ada data yang hilang. Harddisk yang rusak tinggal dikirim untuk diperbaiki dan kemudian dipasang kembali seperti semula.

Untuk tambahan RAID-Z ini bisa digabung-gabung. 2 sistem RAID-Z bisa digabung sehingga jika ada 2 harddisk rusak dan berasal dari RAID-Z yang berbeda, masih tidak ada masalah. Sebenarnya opsinal tapi berhubung sudah menggunakan RAID-Z, sekalian saja dibuat seperti ini karena lebih mudah mengurusnya… (atau mungkin tidak, yang ini masih belum final).

The Problem

Sayangnya dengan harddisk yang ada sekarang, sistemnya belum bisa diganti:

  • RAID-Z memerlukan minimal 3 harddisk dengan kapasitas yang sama untuk dapat bekerja optimal
  • Harddisk biggest sudah penuh semua

The Plan

Jadi rencananya sistemnya akan dibuat seperti ini:

  • RAID-Z (1): 3x 1.5TB
  • RAID-Z (2): 3x 640GB
  • RAID-Z (3): 3x 1TB (?)

Sehingga biggest akan memiliki kapasitas total 6.28TB (woot). Atau 4.28TB.

Money Be Where

Membeli tambahan 3 harddisk 1.5TB (dan 1x 1TB dan tukar tambah 500GB ke 640GB) tidak murah… Perlu dana sekitar 4 (5) juta rupiah (pada saat post ini ditulis). Sementara dana yang sudah terkumpul baru 1.2 juta. Masih kurang 2.8 (3.8) juta lagi.

Opsi kedua tentunya dengan menjual 2 harddisk 1TB yang ada di biggest… asumsi dijual dengan @ 900rb masih kurang 1 juta lagi. Dan harddisknya belum bisa dijual karena isinya masih ada (orz). Apapun yang terjadi tetap harus mengumpulkan dana 2.8 juta dulu sebelum bisa mendapat tambahan dana dari penjualan harddisk.

Donate Now!

Yap, menyumbanglah sekarang juga. Hubungi die untuk ketemu menyumbang langsung atau transfer via BNI, atau hubungi gw untuk menyumbang melalui BCA. Jumlahnya bebas, tetapi sebaiknya minimal seribu rupiah…

Semakin cepat terkumpul, semakin cepat pindah ke sistem yang baru, semakin rendah resiko kehilangan data.